Halaman

Kamis, 24 Mei 2012

Kondisi Lingkungan Tanaman Kentang



Tanaman kentang tergolong jenis tanaman yang tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Jika anda ingin mencoba bercocok tanam Kentang, coba perhatikan dua hal penting dibawah ini :
   
a.   Iklim

Tempat yang disenangi tanaman kentang mula-mula yang Berhawa dingin. Pada perkembangan selanjutnya, kentang disebarluaskan ke daerah lain dan ternyata bisa tumbuh dan berdaptasi di daerah-daerah beriklim sedang (subtropis). Kemudian, meluas lagi ke daerah tropis yang memiliki dua musim seperti Indonesia dan daerah-daerah di sekitar garis khatulistiwa. Suhu udarayang ideal untuk kentang berkisar antara 15-18oC pada malam hari dan 24-30oC pada siang hari. Kentang dapat tumbuh subur di tempat-tempat yang cukup tinggi, seperti daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 500-3000 m dpl. Namun, tempat yang ideal berkisar antara 1.000-1.300 m dpl. Modoinding ideal untuk tanaman kentang, karena Modoinding memiliki ketinggian dataran di atas 1.000 meter di atas permukaan laut. :)

b.   Keadaan tanah

Tanah yang paling baik buat kentang adalah tanah gembur atau sedikit mengandung pasir agar mudah diserap air dan mengandung humus yang tinggi. Kelembapan yang cocok untuk umbi kentang adalah 70%. Derajat keasaman tanah (pH tanah) yang sesuai untuk kentang bervariasi, tergantung dari varietasnya. Misalnya, kentang french fries cocok ditanam di tanah dengan pH 7,0 sedangkan kentang lokal dapat tumbuh baik pada pH 5,0-5,5.

Nah, apakah dua hal di atas mendukung keinginan anda untuk bercocok tanam kentang? Jika ya, selamat mencoba. Siapa tahu dengan coba-coba bisa berkelanjutan menjadi sumber penghasilan tambahan, bahkan bisa menjadi prioritas. Kalau lahan anda cukup luas bukankah ada peluang menciptakan lapangan kerja bagi orang lain?

Salam sukses dari 'kampoeng kita'

Daftar Blog 'Orang Kampoeng'